kribo

penulis malas

Teman Saya dan Polisi

with 20 comments

Biasanya saya, mungkin seperti juga Anda, akan kesal dan bersungut-sungut jika ditilang polisi. Tapi tidak kali ini. Saya tertawa, ngakak, saat ditilang polisi. Penyebabnya, Ibun, rekan saya di GITS.

Sore tadi, kami berdua pulang dari tempat seorang klien di Kosambi, Bandung. Naik motor, Ibun yang menyetir. Saya membonceng di belakang. Mungkin yang orang Bandung tahu kalau ada bagian jalan di rel kereta kosambi yang hanya bisa dilewati satu arah. Tapi bukan Ibun namanya kalau tak ngeyel.

“Bun, lewat sini, lewat sini,” teriak saya menunjuk ke arah belokan. Arah lurus dilarang untuk dilewati.

“Gak apa-apa kan?” ujar Ibun.

Pamer dia, bahwa kalau melanggar tidak ada yang lihat tidak akan apa-apa. Begitu memang, teman saya ini. Sering dia melaju menerobos palang jalan di taman sari walau jalur sedang dialihkan. Selamat sih, tapi jelas melanggar peraturan. Berbulan-bulan hingga bertahun-tahun saya menunggu dia kena batunya. Sekarang waktunya.

Tak sampai tiga detik dia berujar dua orang polisi menampakkan diri. Mereka berdua sedang ngobrol tadinya. Mereka asik sambil minum kopi bersama pemilik toko seragam tentara, di pinggir jalan situ. Kedua polisi menyudahi bincangnya. Salah satunya memberikan kode kepada kami supaya menepikan motor.

“Dek, surat-suratnya?” pinta polisi.

“Hah? Kenapa Pak? Saya mau ke situ.”

Ibun sok polos. Dia pura-pura bingung. Sok parkir. Pura-puranya memang mau masuk toko seragam sejak awal. Polisi cuek, tetap memberikan isyarat supaya teman saya mengikutinya.

“Saya mau kesini kok Pak.” Ujarnya bohong. Memang bohonglah, keahlian yang sering dipakai Ibun. Tapi, si polisi masih cuek. Dan menjelaskan tentang sidang tilang. Bla… bla… bla…

Taktik pertama gagal, Ibun akhirnya menyerah. Dia minta form biru, seperti dia baca di blog temannya katanya.

Taktik kedua dimulai. Dia mengajak saya berbincang, sambil menunggu polisi mengisi form biru yang dimintanya.

“Ray, besok bisa kan?” tanya Ibun.

“He?”

“Jam 9 besok berangkat lho, bisa kan?” ujarnya lagi.

Saya hanya tersenyum. Saya tahu apa taktik keduanya. Jam 9 besok saya dan dia memang akan ke Jakarta. Ke Mabes POLRI tepatnya, untuk sebuah project. Saya tahu bahwa dia ingin sok-sok punya koneksi dengan kepolisian. Biasanya debat polisi dan korban tilang tidak akan berlangsung lama kalau si polisi tahu bahwa si korban punya koneksi di kepolisian. Polisi bisa jadi lebih lunak karena itu.

Melihat saya cuma senyum, dia nyengir lebar. Saya tahu dia sedang butuh dukungan. Tapi saya biarkan. Saya menikmati masa-masa ini. Hahaha.

“Besok ke Bareskrim itu lhoo…” ujar Ibun supaya didengar polisi.

Taktik dua gagal. Polisi asik dengan pulpen dan formulirnya. Ibun menyerah, karena tak dapat suara dari saya. Formulir selesai. Pulanglah kami tanpa SIM, dengan sebuah formulir biru di tangan.

Di tengah jalan, teman saya ini masih saja bisa ngeles.

Emang sengaja gua, cari pengalaman. Belom pernah kan lo minta form biru?”

Hahahaha. Ketawa saja saya. Ibun… Ibun…

Advertisements

Written by ray rizaldy

23 March 10 at 10:03 pm

Posted in raie

Tagged with , , ,

20 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. *keselek risol* hahaha

    iyra

    23 March 10 at 10:23 pm

  2. anak IF ko sering ngelanggar aturan, ga pernah diajar sm Bu IL ya mas? πŸ˜€

    Latu

    24 March 10 at 7:18 am

  3. adu aduh aduh perutku… perutku.. hahahhahaha

    btw, konon, ada trik tertentu ngegertak polisi yg mo tilang.
    Cobain dah.. gw juga belum pernah ditilang langung.

    “Maaf Pak! Boleh saya tau Nama bapak?” tapi kudu berwibawa, jangan sambil cengar cengir..
    Klo berhasil.. Kabarin gw yah!

    Hasan

    24 March 10 at 8:22 am

  4. @hasan : hahaha, jadi kita yang berlagak polisi gitu ya?

    @latu: coba tanyakan langsung ke ibun Tu πŸ˜›

    @iyra: hati2, jangan baca sambil makan. hehe

    ray rizaldy

    25 March 10 at 10:17 am

  5. assa.
    ikut ngakak gan hag2 emang lah ibun the best gak jelas
    wass.

    montercplus

    25 March 10 at 10:46 am

  6. Ibun itu siapa? Nama lengkapnya…. (sering nggak tahu nama panggilan mhs 2005)

    rinaldimunir

    25 March 10 at 3:49 pm

  7. Ibun itu siapa sih? Nama lengkapnya…

    rinaldimunir

    25 March 10 at 3:52 pm

  8. @rinaldimunir: hehe, Ibun itu Ibnu Sina Wardhy Pak Rin. πŸ˜€

    ray rizaldy

    25 March 10 at 4:23 pm

  9. Hahahahaha. .
    Bilang ke ibun (kalo dia ga sempat baca komentar gw), Kalo mo boong2an am polisi bareng gw aja. . πŸ™‚
    hahahahaha. .
    Berarti pengalaman gw jauh lebih enak dong ya, berhasil ngerjain polisi sampe minta maaf dan anter motor gw plg ke pangkuan gw sendiri. hahahahahaha

    Marion

    25 March 10 at 6:20 pm

  10. anjriiiiiiiiittttttt………….. bisa aja temen lo wkwkwkkwk!!!!!!!

    SIGIT KUSUMANUGRAHA

    26 March 10 at 2:40 pm

  11. ah… salah taktik sih..

    harusnya di kasih 50ribuan… pasti berhasil.

    sofianblue

    27 March 10 at 3:35 pm

  12. wah2 masih tetep aja kamu bro
    heheheh

    kyra.curapix

    28 March 10 at 11:10 am

  13. hehehe! kagak karuan!

    salam kenal! πŸ˜†

    nafisblog

    28 March 10 at 11:46 am

  14. hahahah lucu juga si ibun, gilaaaa

    tary Sonora

    28 March 10 at 12:33 pm

  15. saya, setelah pulisi meliohat wajah saya dengan seksama.. biasanya.. eh, selalu…. kemudian dilepaskan begitu saja…. entah kenapa…. πŸ™‚

    —misteri illahi

    bangpay

    10 April 10 at 12:21 pm

  16. hahahah pernah punya pengalaman sama, tapi kalo pas sama nyokap di tilang polisi bisa langsung lewat, soalnya nyokap bisa ngeles.

    tary Sonora

    19 April 10 at 7:28 am

  17. ckckck.. Ray, ditilang malah ngakak

    triknya oke juga..kapan2 coba ah,tapi pake tampang sedih, biar mujarab,hahaha..

    ririn

    21 April 10 at 10:04 pm

  18. hehehe
    mungkin kudu pasang ekspresi menderita :mrgreen:

  19. temen gue pernah ditilang Ray. Trus dia pura2 nangis. Trus ga jadi ditilang. Aahahaha.

    PS: temen gue cewek sih. Kalo elo yang nangis, mungkin malah dikemplang sama polisinya.

    yasmin

    16 May 10 at 11:44 am

  20. haa

    fadillaazeaza

    15 July 10 at 3:28 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: