kribo

penulis malas

Arisan

with 38 comments

Akhirnyaaaaa berhari minggu di rumah, saya bisa bangun tanpa diburu-buru jam masuk kantor lagi.

“Ijaaaaaaal, bangun cepetan dong! Beresin kamar, bantuin papa beres-beres itu!”

Dan teriakan mama dari dapur pagi itu meruntuhkan kelegaan saya. Duh malas, letih saya tadi malam masih sedikit terasa dan tampaknya belum mau keluar dari badan ini.

Tadi malam, belum lewat 2 jam setelah sampai dari Bandung, saya diajak papa belanja barang-barang. Sebagai anak yang patuh pada orang tuanya, saya tentu menurut saja. Ternyata barang belanjaannya berat, bahkan sampai beli selusin kursi baru segala. Tanya punya tanya, rupanya akan ada arisan keluarga besar di rumah. Makanya belanjaannya banyak.

Akibat menggotong-gotong kursi-kursi tadi malam itu punggung saya dilanda pegal-pegal. Dan belum habis pegalnya mama sudah melayangkan surat perintah pemberesan rumah. Saya jadi punya firasat, bahwa papa menyuruh saya pulang minggu ini adalah untuk beres-beres rumah. Atau mungkin lebih tepatnya untuk menemaninya menghadapi perintah-perintah dari mama. Hahaha

Ya, mama saya memang selalu jadi cerewet kalau akan ada arisan keluarga di rumah. Mama selalu mau rumahnya tampak kinclong di hadapan saudara-saudara yang lain. Pojok-pojok yang terlihat sempit dipoles sedemikian rupa, pokoknya sehingga rumah terasa luas. Benda-benda yang mulai kusam disembunyikan di lantai dua. Dan tentunya diganti baru, ya kursi-kursi yang saya angkat malam-malam itu. Lemari berisi piring-piring indah untuk pajangan diatur supaya bisa terlihat oleh orang saat masuk rumah. Tak ketinggalan piala-piala milik adik-adik saya juga bertengger di atas lemari tersebut. Punya saya? Satu-satunya piala yang saya punya di rumah adalah piala juara harapan lomba baca puisi se-RT. Saya dapatkan waktu kelas 4 SD, dan sepertinya kondisinya sudah tak layak pajang deh.

Tak cuma itu, dalam arisan yang juga penting untuk dipamerkan adalah makanan. Mama sampai menyewa juru masak untuk membantunya menyiapkan makanan khas daerah Sulawesi. Ada Woku Balanga, Goreng Nike, Nasi Milu, Ikan Bala Rica. Sang juru masak juga tak lupa membuatkan Coto Makassar lengkap dengan Burasa-nya. Mewah lah bagi mahasiswa yang biasa makan di warung nasi seperti saya.

Belum berhenti disitu. Akan sangat membosankan jika setelah acara makan semuanya langsung pulang. Mama maunya menahan mereka lebih lama dirumah. Yah setidaknya untuk memamerkan anak pertamanya yang tampan ini. Hehehe… Keyboard Yamaha di lantai 2 difungsikan. Salah satu om saya yang cukup ahli bermain musik menjadikan acara itu bak orgen tunggal. Teras rumah disulap jadi ruang karaoke usai semua selesai bersantap. Pasangan-pasangan om dan tante bergantian meminta lagu untuk didendangkan. Mulai dari lagu yang jaduuuuul sekali sampai lagu yang katanya jadi “hits” sekarang: ‘Cinta Dalam Hati‘nya Ungu, ‘Kamu Ketauan‘nya Matta, juga lagu Gaby yang entah punya siapa.

Beberapa tante yang telah lelah bernyanyi membentuk grup kecil. Bisa ditebak apa yang terjadi selanjutnya. Bergosip. Semua kena gosip, dari artis sampai saudara yang lain. Bahkan saya juga kena. Saya diseret ke dalam forum. Diwawancara dengan pertanyaan-pertanyaan menyakitkan.

“Eh, Ijal kok gak pernah bawa ceweknya ke sini? Bawa sini dong, kenalin sama kita-kita! Nanti tante seleksi cocok apa nggak.” Ujar salah satu tante saya.

“Pacarnya Ijal orang mana? Cari yang Gorontalo juga dong. Atau nanti kalau udah putus sama ceweknya bilang ya, nanti biar sama anaknya tante aja” tambah tante yang lain.

Jleb… Jleb… Jleb… saya memaksa tersenyum saja. Anak gadis tante itu memang cantik ibaratnya Asmirandah. Tapi sayangnya dia masih SMP. Jadi temannya adik saya saja deh.

Yah itulah arisan. Berawal dari media silaturahmi, kini berubah jadi ajang pamer dan ajang gosip. Semoga di arisan depan saya sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tante-tante saya itu.

Advertisements

Written by ray rizaldy

30 June 08 at 11:40 pm

Posted in raie

Tagged with , ,

38 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. kasihan di suruh pulang hanya untuk dipekerjakan…
    Tp dapat balasan yang setimpal khan?? Terancam dapat anak SMP..
    Awas jd pedofil hehehehehhehe

    proletarman

    1 July 08 at 12:17 am

  2. saya ikutan dong arisannya, soalnya doyan woku balanga sama ikan rica. boleh juga tuh dipertimbangkan usul si tante yg nawarin anaknya….wekekekekek

    nita

    1 July 08 at 4:06 am

  3. kata dosen statistik saya usia ideal pasangan itu adalah wanita lebih muda 10 tahun, karena umur tekhnis wanita itu lebih pendek daripada pria…cocok kan..coba aja..apalagi emaknya udah rela anaknya yang cantik bersamamu..hahaha….

    iyra

    1 July 08 at 12:00 pm

  4. Jal.. ijaaaaaaaaaaaaaaaal..!!!
    hehehe..
    anak baik emang harus bantu2 ortu, termasuk beres2 pas mo arisal kel.
    masih mending ditanya, mana pacarnya.. drpd ditanya, kapan nikah jal.. *halaaah..

    dee

    1 July 08 at 12:28 pm

  5. Ika … Ika .. Lihat … Si Ray udah berani sombong … Dia mau pamer nih, “kalo gua mau gua bisa dapet cewek secantik Asmirandah”.

    Ray belagu .. belagu ..

    ikram

    1 July 08 at 2:45 pm

  6. Loh.. bagus loh dapet anak smp, dapet daun muda, hehe.. Ya beda 6 atau 7 tahun masih wajar lah, hehe… (Mencoba menghilangkan saingan untuk dapetin anaknya ibu kost)

    ibun

    1 July 08 at 9:08 pm

  7. masih mending tuuuuh daripada pertanyaan khas ibu2 :

    “KAPAN KAWIIIIINN??”

    arrrrggghhh….

    theloebizz

    1 July 08 at 9:42 pm

  8. @theloebizz: hmmmmm… maksudnya apaan tuh? kqkqkkqkkq

    antown

    2 July 08 at 4:47 am

  9. @proletarman : hahaha, nanti daku malah diciduk komisi perlindungan anak lagi.

    @nita : wah, mbak nita asalnya dari mana toh? pernah makan juga ya.

    @iyra : iya, berarti daku nunggu dia sampe kuliah, zaman itu daku udah bangkotan nih. hahaha

    @dee & theloebizz : kayaknya bagi daku lebih menyakitkan pertnyaan: mana pacarnya deh? huhuhu

    @ikram : dasar ikram, pikiran dikau emang kram. hahhaa

    @ibun : lho jadi beneran nih. sekarang tujuannya anak ibu kos? hahhaa

    @ antown : mungkin mbak fininya udah dikejar2 tantenya juga kali sama pertanyaan itu. hehehe

    ray rizaldy

    2 July 08 at 10:15 am

  10. daripada ditanya: “mau sama tante?” lha kan bahaya itu…

    —ngabur—

    bangpay

    2 July 08 at 10:59 am

  11. hah? lo dipanggil IJAL? ya??? hahhaha. oke oke. IJAL !ckckckck

    casa

    2 July 08 at 3:39 pm

  12. Wahahaha, lucu2 banget komennya semua!

    Eh eh, betul kata Iyra, coba aja sama anak-SMP-yang-secantik-Asmirandah itu Rey! Setuju gw! Haha.

    *Btw, arisannya kapan? Banyak makanan.. 😀

  13. ya ampun ray, masih? hari gini?? mendingan lo mikirin bagaimana caranya mengentaskan kemiskinan… XD

    sigit

    2 July 08 at 11:12 pm

  14. @bangpay : lebih parah. :))

    @casa : ho oh panggilan di rumah emang ijal cas, baru pas masuk smp aja jadi ray.

    @yessi : udah lewat. pas minggu kemarin waktu daku pulang. hehehe… sayang dakunya lagi bawa tas slempang kecil. jadi gak muat bawa makanan… huhuhu. enak juga buat dikosan padahal

    @sigit : baiklah bang sigit, mari kita berpikir… apa ya kira2? 😀

    ray rizaldy

    3 July 08 at 11:47 am

  15. wah, ada keyboard toh?coba aj undang gw buat maen keyboard, pasti memuaskan, he3… tapi bayar ;p.

    @ibun : tenang bun, jangan takut kehilangan saingan. gw siap koq ngegantiin posisinya ray buat jadi pesaing elo, haha

    ghifar

    3 July 08 at 12:58 pm

  16. @ghifar : om daku gratis kok. dan tampakna tante-tante daku itu seneng aja. hehehe, eh far, bukannya dikau udah ditawarin adeknya ibun ya? 😛

    ray rizaldy

    3 July 08 at 1:57 pm

  17. hauhauahahhahahaha… cieee asmirandah.ihiiiiiy!

    *lucu bgt dah. ;p

    Nadya Fadila

    3 July 08 at 3:22 pm

  18. Wah jd inget arisan keluarga-ku dulu. Aku paling males dtg hehehe… ngefans sm Asmirandah niih??

    nina

    4 July 08 at 2:49 pm

  19. buset jadi laper ni ngeliat makanan2nya..
    biasalah pelaut.. teringat semua makanan yg ada di tempat persinggahan

    gunawanwe

    4 July 08 at 3:32 pm

  20. WAkakakak…nasib-nasib…ternyata lw Jomblo ya ray????
    sepupu lw keren abis +++ semua udah mirip models wannabe…
    eh giliran kita (kita??? elo aje deh) ke timpa sial nya….
    Sabar-sabar,,,,, 😀

    yd.gobel

    5 July 08 at 9:40 pm

  21. (serius mode on) iya ya, sedih juga kalo ajang yg harusny berkah malah trbelokkan, tp niat u silaturahim pun insya Allah sdh brnilai (serius mode off)
    kok komen2ny mendukung kamu sm “dek asmirandah” sih? ibunya si mungkin setuju, nah anaknya???
    *kabur*

    anis

    6 July 08 at 10:05 pm

  22. ternyata emang pertanyaan semua tante-tante pas arisan sama ya? kirain di rumah doang :))

    halidaaa

    6 July 08 at 10:22 pm

  23. antownholicontest#3 sudah dibuka. Gratis…tis…tis, semuanya bisa ngikut. Please visit my blog.

    antown

    7 July 08 at 1:59 am

  24. arisan apa nyariin jodoh buat kamu sih?

    Rindu

    7 July 08 at 11:53 pm

  25. @nadya Fadila : beneran kok, terakhir waktu daku liat, emang mirip asmirandah, (masih kecil cuma). hehehe

    @nina : sebenernya sama sih, daku juga males dateng, cuma berhubung acaranya di rumah. daku gak bisa kabur lagi… hehehe

    @gunawanwe : wheheheh, udah pernah singgah di sulawesi bang? gorontalo?

    @yd.gobel : hahahaha, ketahuan deh daku.. tapi yang ketimpa sial dikau aja deh bang yudi.. ahhahaha

    @anis : nah justru itu yang daku takutkan nis, anaknya malah gak mau. hahahhaa

    @halida : lho tin, pernah ditanyain gitu juga di rumah?

    @antown : yup, tak menang ah kali ini..

    @rindu : hahaha, ntah lah biasa tante2…

    ray rizaldy

    8 July 08 at 8:42 am

  26. si kribo menang arisan ga? hehehe..
    klo sy jd km, mau tuh dijodohin sm si mirip asmirandah 😀

    dee

    8 July 08 at 11:53 am

  27. Tukeran link yuuukk……!!

    adhie

    8 July 08 at 12:00 pm

  28. siapa yang dapet arisannya?

    makna arisan udah ganti jadi ajang pamer…

  29. wah sama ama si Dee… Masih mending ditanya pacar daripada ditanya kapan Nikah. Puyeng…..

    tharom

    8 July 08 at 9:23 pm

  30. “Semoga di arisan depan saya sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tante-tante saya itu”

    AMIN!

    ayo, Ijal semangat!!!!
    ehehehe..

    doakan saya juga donk.. hihi..

    inay

    10 July 08 at 3:05 pm

  31. @dee : wah itu ntah ya, bukan daku yang ikutan. ya kalo ditanya mau si mau aja. tapi anaknya? hahahaha

    @adhie : hayuuuk

    @tukangobatbersahaja : iya, saatnya menunjukan kebagusan rumah.. hahaha dalam hal ini rumah daku sendiri….

    @tharom : udah ditanyain2 nikah ya bang?:P

    @inay : hehehe, jadi siapa yang lebih desperate nih nay? 😛

    ray rizaldy

    10 July 08 at 5:40 pm

  32. cariin jodoh donk buat gw , haha

    ghifar

    11 July 08 at 9:38 am

  33. hahahaha… untung gak sama tantenya 🙂

    ikutan ngabisin makanannya boleh? arisannya gak usah 😛

    huaaaaaaaaaaa… kangen milu siram… kangen nike…

    jengtika

    14 July 08 at 12:12 pm

  34. huwaaaa..serunyaaaa…
    di keluarga gw ga ada tuh yang namanya arisan2…

    rani!

    14 July 08 at 2:20 pm

  35. @ghifar : daku aja susah far. hehehe

    @jengtika : hehehe, bukannya udah ke manado ya ka? udah deket tuh dari sarang nike.

    @rani! : masak sih? di rt? rw?

    ray rizaldy

    17 July 08 at 9:39 am

  36. amin. semoga cepet dapet pacar.

    shofishofi

    17 July 08 at 10:02 am

  37. yah arisan lagi arisan lagi, mana asmirandahnya ^_^

    foto artis

    10 September 08 at 6:55 am

  38. bolehkah saya juga ikut arisan, kenalkan saya email echol.pratama@yahoo.co.id

    Champion Dunia

    13 November 12 at 11:27 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: