kribo

penulis malas

Ganti Sistem Operasi

with 12 comments

Tujuan utama dari sistem operasi adalah resource sharing. Resource atau yang menurut Bahasa Indonesianya adalah sumber daya diolah, lalu kemudian dibagi. Pembagiannya dilakukan sedemikian rupa. Dengan begitu setiap aksi yang ingin dilakukan bisa mendapatkan jatah resource dengan adil.

Dalam pengolahan sumber daya ini, ada kemungkinan terjadi kesalahan. Baik itu kesalahan penjadwalan atau pun kesalahan alokasi sumber daya. Nah tugas sistem operasi lah untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan ini. Bisa saya katakan bahwa semakin baik sistem operasi, semakin kecil kemungkinan kesalahan itu terjadi.

Apa yang terjadi jika sistem operasi kemudian tidak dapat mengolah sumber daya dengan baik? Aksi-aksi yang ingin dilakukan menjadi sering tak terlaksana. Dan kalaupun terlaksana, aksi dilakukan jauh terlambat.

Kira-kira inilah yang terjadi pada saya. Sumber daya seperti halnya waktu, pikiran dan juga jasmani yang saya miliki tak terolah dengan adil. Waktu 24 jam setiap hari rasanya kurang. Pikiran juga tak teralokasi dengan baik. Apalagi jasmani, pengaturan antara kuliah, unit kegiatan dan tidur saling overlap. Saat istirahat terpakai untuk kuliah, giliran kuliah malah saya pakai untuk unit kegiatan atau malah tidur. Hehe…

Pada komputer masalah ini bisa diselesaikan dengan 2 cara. Yang pertama, adalah menambah atau mengganti sumber daya, seperti memori, ataupun prosesor. Yang kedua adalah memodifikasi sistem operasi supaya kesalahan dapat diminimalisir.

Cara pertama jelas tak bisa saya tempuh. Karena mengganti prosesor artinya saya harus membelah kepala saya. Menukarkan isinya dengan otak lain yang mungkin lebih bisa mengatur sumber daya. Tapi nanti bisa-bisa saya malah jadi frankenstein. Itu tuh tokoh horor yang jadi superbloon gara-gara jadi percobaan seorang profesor gila.

Yang bisa dilakukan adalah cara kedua. Memodifikasi sistemnya. Bagian yang paling mungkin dimodifikasi adalah penjadwalan. Itu artinya, Saya harus merubah pola hidup. Sistem penjadwalan yang dipakai sekarang kurang bagus. Saya terlalu banyak telat kuliah. Padahal kuliahnya siang. Tugas-tugas pun baru terlaksana beberapa jam sebelum batas pengumpulan. Dan itu menyebabkan tugas terkumpul menjadi tak terlalu bagus, bahkan tidak memenuhi spesifikasi. Untuk tidur, teman-teman saya mengatakan porsi saya cukup bahkan lebih. Tapi entah kenapa tiap di kelas saya selalu merasa ngantuk. Makan pun jadi tak teratur. Karenanya saat kuliah jadi tak konsentrasi, lapar mengganggu.

Oleh karena itu saya membuat sistem penjadwalan baru. Ini dia… Jreeeng

Catatan : MPPL, PPL, Jarkom, Grafika, SBD, Kompem dan Progin adalah nama mata kuliah.

Huff… Padat juga. Mudah-mudahan jadwal ini bisa saya taati. Mudah-mudahan bisa bangun jam 3 pagi. Mudah-mudahan bisa mengerjakan tugas sesuai bagian. Mudah-mudahan bisa teratur makan.

Written by ray rizaldy

24 April 08 at 3:55 pm

Posted in raie

Tagged with ,

12 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hufff… semester 6 emang bener2 mengubah pola hidup ya? tapi pelan-pelan aja ray, klo perubahannya drastis tubuh sulit beradaptasi, jadinya ya gitu kita sering ngantuk dsb. dan klo udah merasa siap dengan perubahan itu, pertahankan 😀 (halah sok sokan kamu nis… kek kamu teratur aja hidupnya :D)

    tapi oo… kok banyak jadwal makan yang aneh ya? 😛

    anis

    24 April 08 at 9:42 pm

  2. semangat ya ray!
    sms aja kalo butuh bantuan.
    siapa tau gue mood bantuin.
    ahahaha.

    ikazain

    24 April 08 at 9:42 pm

  3. @anis:amiiin, mudah2an bisa beradaptasi..,, anehnya yang mana nis? jadwal makannya udah diatur sedemikian rupa supaya makannya sehat dan hemat 😛

    @ika: oke mba ikaaa, ntar daku sms deh, tapi masak harus nunggu dikau mood dulu

    ray rizaldy

    26 April 08 at 1:03 am

  4. Ray,,, lo tampak bingung dan tidak mempunyai goal yg jelas,,,
    Tapi it’s okay,,, semoga lo enjoy aja 🙂

    Sigit

    28 April 08 at 11:58 pm

  5. Smangadh, Ray!
    Kudoakan jadwalmu bisa lancar. Hehee.. (* PadahaL jadwal yang aQ bikin aja ga pernah aQ laksanain. Hwkwkwk *)

    _aRdhan

    29 April 08 at 8:56 am

  6. smangat ray!

    d1ni

    29 April 08 at 6:43 pm

  7. Pecel telor dago barat ya, 😕

    klo telornya abis gimana?

    irfanhanif

    1 May 08 at 11:36 pm

  8. (ganti komen serius)

    Itu terinspirasi tulisan blog gw y ray,,

    tidur jam 10 bangun jam 3.. 😀

    irfanhanif

    1 May 08 at 11:44 pm

  9. @irfan : pecel ayam. hehehe
    gak donk, daku males tidur kemaleman, jadi kebiasaan. lagi klo udah tidur di atas jam 12 malah gak bisa tidur.huhuhu

    ray rizaldy

    2 May 08 at 3:02 pm

  10. waaah…gw bikin kayak gitu dari kecil ga bisa2 diaplikasikan :))

    rani!

    3 May 08 at 6:34 am

  11. @rani! : hehehe, waktu sd sih sering berhasil…
    waktu itu klo deket2 ujian mama daku sering ngasi jadwal kegiatan…
    misalnya klo hari minggu jam6-9 nonton film kartun
    abis itu kao jam 9 mandi sekalian bantuin papa bersihin kamar mandi..
    abis itu jam 10an belajar….
    dan seterusnya…
    tapi udah lama gak pernah kayak gini lagi
    yaaa. apa salahnya mencoba,,, selama seminggu berlangsung sih taraf kesesuaiannya baru 40% 😀

    ray rizaldy

    4 May 08 at 1:49 pm

  12. tax’s U

    anangwordpresscom-pamungkas.bolgspot.com

    1 February 09 at 11:47 pm


Leave a Reply

