kribo

penulis malas

Police Stories

with 16 comments

Gua gugup nih. Sejam lagi jam 4, gua janjian sama cewek. Apa mendingan gak jadi aja? Daripada ntar malu-maluin.Gua takut pas ngeliat gua, terus jadi ditinggalin.

SMS gua kirim ke cewek itu. Isinya, janji batal, gua ada kerjaan, jalannya kapan-kapan aja deh. Lega, beban gua hilang. Tapi nyesel berat.

Daripada kepikiran terus, mending gua nyuci motor. Harus gua sayang-sayang ni motor. Motor keren, masih baru lagi. Biar kreditnya belum lunas, tapi motor ini gua yang beli lho, dari gaji gua. Inpestasi coy!!! Daripada tiap kerja harus naik bis. Panas, bau ketek, copet, Akhhh, males lah.

Sial, shampo motor diabisin abang gua, mahal tuh. Untung gak jadi pergi, jadi masih punya duit. Gua beli dulu deh shamponya. Di alfamart depan jual kayaknya. Beli di situ aja. Males jalan sih, tapi ada motor ini.

Sampai di alfamart. Tumben, banyak mobil, parkirnya penuh. Untung motor, bisa parkir nyelip dimana aja. Gua parkir di pojok, deket tukang gorengan. Gua masuk ke minimarket itu. Cari-cari barangnya, ketemu. Gua datengin kasirnya, bayar, selesai. Hey motor, sebentar lagi lo dicuci. Tapi…

Jreeeeng… tadi gua parkir disini kan? Apa gua parkir disana? Gak ada juga.

“Bang, tadi liat motor kan di sini?” gua nanya tukang gorengan.

Jawabannya enggak. Goblok, jelas-jelas gua parkir di depan dia, masak gak ngeliat. Dikerjain
temen
gua kali, gua coba tenang. Jadinya Gua jalan ke rumah. Disana pas lagi banyak temen gua kumpul.

Lha, pan elo yang bawa tadi” kata mereka
waktu gua tanya.

Dug..Dug..Dug.. gua mulai deg-degan. Motor gua ilang. Anjriitt.

Temen-temen nyebar nyari. Gua sama Opik, abang gua, balik ke toko tadi, nanya lagi. Tukang ojek, tukang gorengan, tukang majalah, semuanya gak ada yang tau. Buta semua. Kalo gak buta, paling juga kong kalingkong sama malingnya. TAIK KUCING.

Ujan deres. Gua tetep nyari, sendiri, Opik pulang takut kuyup. Ujan-ujan susah buat nyari, tapi gua gak mau pulang. Motor itu harus balik, ketemu. Motor kesayangan gua, dari gaji gua.

Rijal, gua baru inget. Gua ngajak dia nemenin ketemu cewek itu. Gua belom bilang acaranya batal. Coba, tadi jadi pergi. Pasti gak kayak gini jadinya. Akhhh, Motoooor Guaaaaa. Ya udah, sekalian nyari ke sana. Gua lari, nembus ujan, demi motor itu.

Gua sampe di rumah Rijal, basah kuyup. Minta maaf, sekalian cerita motor gua ilang. Gua pengen ngajak ikut nyari, tapi dia baru sakit, abis operasi malah, gak boleh ujan-ujanan. Tapi emang dia temen paling baek. Dia minjemin motor buat nyari. Pake motor pinjeman itu, gua nyari lagi. Jauh… Dingin… mulai gelap juga, tapi sekali lagi, motor itu harus ketemu.

Udah hampir Isya, gua putus asa. Gua udah nyari ke kampung-kampung juga sejauh gua bisa, tapi nihil. Jadinya gua balik lagi ke Rijal, balikin motor. Di sana malah ada Opik, marah-marah nyariin gua. Dia nungguin gua dari tadi.

Goblok lo, ujan-ujan gini mana bisa nyari. Pake otak dikit. Gua tau tu motor lo yang beli. Tapi kalo lo nyari kayak tadi, ujan, pake ngebut segala. Motor kepeleset, kan kita yang susah. Lagian lo nyarinya sendirian. Lo kira malingnya cuma 1 orang, gak mungkin. Kalo ketemu, mati ntar lo dikeroyok. Emak ama mpok lo tuh, udah khawatir dari tadi” Opik nyerocos ke gua di depan Rijal.

Habis Isya di rumah Rijal, gua pamit pulang. Nunduk pasrah kalo motor gua ilang.

***

Begitu versi (sedikit lebih) detil dari tulisan sebelumnya, Zaenal. Di tulisan sebelumnya, beberapa mengatakan kisahnya tidak lengkap. Meskipun sudah lama tulisan itu saya unggah, tapi baik, saya ceritakan versi extendednya. Cerita di atas tadi.

Beberapa hari kemudian saya datang ke rumah Zaenal. Dia baru dari kantor polisi, meminta surat, untuk asuransi kreditnya. Kebetulan, teman-teman ramai di depan rumahnya. Dia kemudian cerita pengalamannya dengan polisi tadi. Merasa bernasib sama, yang lain ikut curhat tentang polisi. Saya mencoba merangkum cerita-cerita memalukan tersebut. Tapi karena saya lupa siapa menceritakan apa, jadi saya pakai A, B, C saja ya.

Cerita Zaenal:

Dia datang di jam istirahat. Jam istirahat hampir selesai, jadi dia memutuskan untuk menunggu di depan kantor. Beberapa saat kemudian beberapa polisi datang duduk di depannya sambil bercerita.

“Bapak dapet berapa tadi, uang lisingnya?”tanya seorang polisi.

Polisi yang ditanya menjawab bilangan ratusan. Polisi yang lainnya bercerita tentang seorang polisi. Yang diceritakan, pelit kalau dapat uang seperti itu, cuma ambil sendiri.

“Kalo bapak? Nggak gitu kan? Bagi-bagi dong” kata polisi, yang tadi bercerita, sambil tertawa.

Jam istirahat selesai. Zaenal, kecut mendengar pembicaraan tadi. Sang polisi baru sadar bahwa orang yang tadi duduk di seberang merupakan mangsa selanjutnya. Dan mangsa tersebut sudah tahu bahwa dia akan di’caplok’. Dia meminta Zaenal untuk tidak sebar-sebar, jadi hanya kena 350 ribu saja. Untung? Tidak, di meja lain dia tetap diminta sejumlah uang lagi. Dan gaji pertamanya di awal tahun langsung ludes begitu saja.

Cerita A:

Suatu kali A menemani temannya ke kantor polisi. Saat temannya masuk ke dalam, dia memutuskan untuk makan di warteg di dekat situ. Di warteg hanya ada seorang polisi, baru menghabiskan makanannya dan sedang menenggak kopi.

Polisi itu kemudian mengajaknya ngobrol. Ngalor-ngidul, sambil menemani waktu makannya tak apalah, pikir A.

“Pak, dia yang bayar ya!” Tiba-tiba si pak polisi langsung berucap kepada penjaga warteg.

A kaget. Tapi si polisi sudah hilang, ngacir. Dengan terpaksa A akhirnya membayar makanan si polisi, setelah sebelumnya adu mulut dengan penjaga warteg.

Cerita B:

Sederhana. Ditilang seperti biasa. Hanya saja alasannya tidak masuk akal. B ditilang karena pentil ban depannya tidak pakai penutup. Ada-ada saja. Tapi karenanya, B kehilangan 25 ribu.

Cerita C:

Di kampung C, banyak sekali beredar motor bodong, tanpa surat. Polisi bukannya tidak tahu hal tersebut. Malah karena itu, polisi kerap kali mengadakan razia motor bodong. Tapi, sayangnya tujuan razia ini bukan menjaring motor bodong, melainkan uang.

Polisi sudah tahu siapa saja yang punya motor bodong. Dan karenanya dia memeras orang-orang tersebut. 20 ribu rupiah per orang. Bayangkan jika mereka tahu 100 nama pengguna bodong. Dan pastinya jumlahnya tidak hanya 100.

Usut punya usut, ribuan motor bodong tersebut berasal dari kota besar seperti Jakarta. Motor-motor itu hasil sitaan dari kasus curanmor yang terjadi. Lalu kemudian dikirim ke kampungnya. Dan di lelang oleh polisi-polisi juga dengan harga murah.

Advertisements

Written by ray rizaldy

7 February 08 at 8:32 pm

Posted in raie

Tagged with , ,

16 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hmmmh.. polisi polisi.

    batari

    7 February 08 at 9:10 pm

  2. Btw ini cerita loe sungguhan ray??
    ato kisah orang laen. .

    Marion

    9 February 08 at 2:17 am

  3. lo lupa menulis tentang kejadian yang kita alami dengan mobil dila.

    “hmmm..kebijakan apa pak? Saya ga ngerti.”

    dwihutapea

    11 February 08 at 8:37 am

  4. @batari: tapi bukan berarti semua polisi begitu bat. ada yang baik sih, cuma emang yang waktu itu diceritain yang buruk2nya aja…

    @marion: sungguhan, ini cuma sisi lain dari tulisan ini : https://raie.wordpress.com/2007/12/26/zaenal/

    @dwihutapea: hahaha, masih inget kalo itu mah. salut buat keluguan dila untuk tetap taat aturan.

    ray rizaldy

    11 February 08 at 11:34 am

  5. “Tapi emang dia temen paling baek”

    huhu… itu kata zaenal atau dirimu sendiri ray? 😀
    yup, nggak semua polisi kayak gitu, tapi masalahnya walau polisi pun tahu kalau mereka udah “bernama” buruk macam itu tetep aja melakukan hal yang semakin mencoreng nama mereka ya? apa udah nggak malu ya melakukan hal itu?

    anis

    11 February 08 at 1:46 pm

  6. @anis: hahaha, ceritanya gitu. sama aja kayak pejabat2, ditengah2 kemerosotan dalam segala, apa gak malu mereka malah minta naik gaji?

    ray rizaldy

    11 February 08 at 2:54 pm

  7. ikut prihatinnnn…

    cewektulen

    12 February 08 at 5:30 pm

  8. yaelah ray, masa’ dibatalin sih janji sm ceweknya.. :p

    ryan

    16 February 08 at 2:13 pm

  9. emg bner mtor lu ilang??

    ray! ko komen lu ga muncul ya pdhl uda gw approve.hahahaha.gaptek abis2an gw.tengkyu ya ray bwt komen2nya.ayo semangat bangun boulevard!

    eh ray gw juga prnah d tilang ama polisi,ah tahik lah pokonya.. oya sekedar info,ati2 sama dwi,kl bwa dia kt bs kena tilang!

    niseniza

    17 February 08 at 7:02 pm

  10. Emang polisi Indonesia lebih banyak yang kayak tainya dibanding yang menegakkan hukum dengan benar….bukannya bikin rakyat merasa aman dengan keberadaan mereka, malah bikin resah krn hobinya morotin duit rakyat dengan mencari2 kesalahan…..Sampahlah penegak hukum di Indonesia!!! Lo kok ga masukin pengalaman2 gw berkali2 ditilang polisi dengan alasan dibuat2 sih??? padahal gw kan tiap abis kena tilang, ngomel2 maki polisinya di depan lo….hahahaha!!!

    Dedekrueger

    19 February 08 at 12:33 am

  11. buat semuanya, cerita di atas bukan menceritakan diri daku. cuma mengulang cerita di post sebelumnya

    https://raie.wordpress.com/2007/12/26/zaenal/

    hanya saja dari sisi lain.

    @cewektulen: nanti daku sampaikan ke zaenal

    @ryan: hahaha, bukan daku tuh yan. eh blognya baru yaa

    @niseniza : iya nih, pantes waktu naik mobil bareng dila dan dwi si dila jadi kena tilang… emang nih dwi batak pembawa tilang… hahahaha

    @dedekrueger : hahaha, lo mah cupu ngomelnya pas udah di dalem mobil. waktu lagi ada polisinya cuma berani “iya pak, iya pak”. wekekekek

    ray rizaldy

    20 February 08 at 9:41 pm

  12. ray gw pernah ditilang polisi
    trus dia liat gw bawa kartu pers
    eh polisinya takut.
    hahahaha.

    zulfi

    24 February 08 at 9:02 am

  13. gw semakin emosi dengan polisi!!

    tapi hati2.. jangan menggeneralisir.. haha
    huh, sepertinya tidak salah juga bilang kalo semua polisi itu mata duitan

    adipersada

    25 February 08 at 9:19 pm

  14. @zulfi : iya, banyak polisi yang takut dengan kartu ajaib ini. tapi kalo emang salah jangan pake kartu itu buat menghindar yaaa..hehehe

    @adipersada : yah, di zaman yang semua harganya naik semua kayak gini bay… siapa sih yang gak mata duitan?

    ray rizaldy

    26 February 08 at 8:26 am

  15. Dan cewek itu adalah Sophie???

    Kok kayaknya lo sering tertimpa kesialan klo berurusan dengan Sophie? Mungkin lo harus jauh2… :))

    sigit

    26 February 08 at 9:54 pm

  16. Hei, Sigit jangan komen begitu. Provokatif 🙂
    Btw Ray, yang tabah. Polisi2 itu memang minta diganti.

    *Ikutan gerem.

    Echi

    29 February 08 at 3:50 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: