kribo

penulis malas

Kaderisasi,, OSPEK, OS atau apalah itu

with one comment

Masih jelas teringat kekesalan saya ketika dimana saya sudah dengan sangat bersemangatnya mengikuti PPAB HMIF (Kaderisasi untuk Himpunan Mahasiswa Informatika) tetapi yang terjadi justru panitia dengan jarkom mendadaknya mengabarkan bahwa acara outbond dibatalkan karena adanya tekanan dari pihak rektorat. Huh, baju, training, vitamin, senter tersiap sudah di dalam tas punggung tua saya. Tapi apa daya, rasanya semangat ini belum cukup untuk membuat panitia berani dan terus maju lewati tekanan rektorat apapun resikonya.
Ketidakpuasan ini saya coba hilangkan hingga saat ini. Awal tahun ajaran 2006 kemarin, saya mencoba menjadi salah satu dari Panitia OSKM (Orientasi Siswa Keluarga Mahasiswa) yang (katanya sih) merupakan acara sakral bagi mahasiswa ITB. Dalam orientasi ini, mahasiswa baru dan fresh akan dikenalkan dengan kehidupan yang mahasiswa ideal dan harusnya dijalani oleh mahasiswa itu. Dengan niat yang agak kurang tulus untuk hal tersebut saya pun memutuskan untuk ikut andil dalam agenda besar tahunan mahasiswa ITB ini.
Nampaknya niat kurang tulus tak lagi mendapat angin, kembali masalah legalitas dari rektor yang selalu menjadi ancaman. Taktik terbaru yang kini dilancarkan adalah menutup jalan bagi peserta. Rupanya cerdik juga akal pak rektor kita sekarang. Jika sejak dahulu panitia dilarang membuat kegiatan bernafaskan OSPEK atau OS tetapi selalu gagal, mengapa tidak pakai metode yang lain, yang kemungkinan lebih berhasil. Akh, Panitia sudah terbiasa tentunya dengan ancaman-ancaman. Tapi lulusan-lulusan SMA yang masih segar-segar itu pastilah tak berkutik.
“Saya sudah susah-susah belajar di bimbel sana, bimbel sini buat masuk ITB. Masak langsung kena skorsing sih”
“Orang tua gue dah bayar 45 jetii bo, masak gue batal jadi mahasiswa ITB.”
Mungkin itulah komentar-komentar yang akan keluar. Cara pak rektor kali ini berhasil dengan sangat. Selamat Buat Bapak. Kalah telak kami. OSKM yang di tahun-tahun sebelumnya diikuti oleh kurang lebih 2.500 pasang sepatu mahasiswa baru, kali itu hanya dihadiri 135 peserta.

Satu tahun terlewati, ternyata kebijakan menggabungkan 2006 menjadi fakultas-fakultas juga membawa dampak kepada himpunan-himpunan jurusan. Karena anak baru itu belum mendapat program studi yang pasti maka terdapat kebingungan bagaimana proses kaderisasi himpunan, dan himpunan mana yang berhak. Dengan negosiasi di sana-sini jadilah Orientasi Gabungan, dimana himpunan-himpunan bersatu untuk mengkaderisasi mereka (2006).
Himpunan saya sendiri, HMIF, tergabung bersama Himpunan Mahasiswa Elektro atau HME. STEI, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, hasil gabungan program studi Informatika dan Elektro. Karena belum memiliki program studi yang pasti, angkatan 2006 menamakan dirinya sebagai STEI 2006. Sebagai himpunan mahasiswa yang sifatnya keprofesian tentunya kami membutuhkan kader yang kompeten. Oleh karena itu, seperti halnya Orientasi Gabungan yang dijalankan di fakultas lain, kami pun melaksanakan hal yang serupa.
Hohoho, lumayan mulus kali ini, hingga akhirnya… yaaa sekarang ini. Malam ini seharusnya adalah puncak dari seluruh rentetan kegiatan kaderisasi. Dan Benar, malam ini memang puncak, puncak ketegangan kami, panitia kaderisasi. Beberapa hari sebelumnya rektorat mengeluarkan surat larangan (Cerita lama sepertinya). Bisa ditebak apa yang akhirnya terjadi, tempat yang sudah dibayar, kayu bakar yang sudah dibeli, akhhhh sama nasibnya seperti tahun lalu.

Sial, Kaderisasi, OSPEK, OS atau apalah namanya itu di telinga rektor sudah bagaikan TNI mendengar kata teroris “Harus Diberantas”.
Kami bukan teroris pak! Atau Bapak mungkin berpikiran kami mirip IPDN ya? tak tahulah daku.

Advertisements

Written by ray rizaldy

2 July 07 at 1:50 am

Posted in raie

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. *jadi teringat masa-masa Ospek* :mrgreen:

    Catra

    23 March 09 at 10:05 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: